Strategi Untuk Menemukan Peluang Yang di Miliki disebut

Selamat datang di Katalistiwa, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari Perguruan Tinggi, SLTA, SMP dan SD. Kali ini Katalistiwa akan membahas sebuah Soal yang banyak di tanyakan di Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Strategi Untuk Menemukan Peluang Yang di Miliki disebut

 

Strategi Untuk Menemukan Peluang Yang di Miliki disebut

Strategi Untuk Menemukan Peluang Yang di Miliki disebut

a). analisis SWOT
b). peluang usaha
c). strategi usaha
d). teori humprey

Jawab :

 

Jawabannya adalah  A. Analisis SWOT. 

SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).  Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman anda kedalam daftar yang terorganisir dan di sajikan dalam bilah kisi-kisi yang seberhana.

Pembahasan detail tentang Strategi Untuk Menemukan Peluang

Analisis SWOT di kemukakan oleh Albert Humphrey, saat ia memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Analisis SWOT adalah suatu metode penyususnan strategi perusahaan atau organisasi yang bersifat satu unit bisnis tunggal. Menurut Fredy Rangkuti, analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini di dasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur-unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang atau ancaman. Analisis SWOT terdiri dari 4 komponen dasar, antara lain:

  • Strength (kekuatan) yaitu karakteristik organisasi atau proyek yang memberikan kelebihan/keuntungan di bandingkan lainnya
  • Weakness (Kelemahan), yaitu karekteristik yang berhubungan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek di bandingkan dengan yang lainnya
  • Opportunities (Peluang) yaitu peluang yang dapat di manfaatkan bagi organisasi ataupun proyek di bandingkan dengan yang lainnya.
  • Threats (Ancaman) yaitu ancaman yang akan di hadapi oleh organisasi ataupun proyek yang dapat menghambat perkembangannya.

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi Analisis SWOT yaitu:

  • Faktor Internal meliputi Sumber daya yang  di miliki, kekurangan atau finansial, kelebihan atau kelemahan internal organisasi, dan pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya.
  • Faktor eksternal meliputi tren, budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian, sumber-sumber permodalan, peraturan pemerintah, perkembangan teknologi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan lingkungan.

 

 

Detail Soal

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Katalistiwa.id dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih